Tetap Semangat Selalu Tersenyum :-)

Tetap Semangat Dan Selalu Tersenyu :-)

Hidup di dunia itu harus memilih, dan saya sudah memilih apa yang menurut saya itu baik buat saya dan belum tentu baik juga untuk orang lain, dan saya aku itu salah, tapi saya harus mencoba nya dan bertanggung jawab atas apa yang saya pilih.

Terbaru

Cara menghitung kebutuhan bekisting menggunakan triplek

Rumus jumlah kebutuhan triplek = luas bekisting : luas triplek

Contoh 1= Kebutuhan bekisting triplek untuk plat lantai

Misalnya kita akan membuat plat beton bertulang ukuran 4m  x 6 m, jadi luas lantai yang akan kita cor adalah 24m2, kita pakai triplek ukuran 1,22 m x 2,44 m berarti luas satu triplek adalah 2,9768 m2. jadi jumlah triplek yang diperlukan 24m2 : 2,9768 m2 = 8,06 lembar. untuk plat lantai bisa menggunakan triplek dengan ketebalan 8mm.

Contoh 2 = Keperluan triplek untuk bekisting balok

Misalnya kita akan membuat balok ukuran 0,25 m x 0,6 m sepanjang 6 m. langkah pertaman kita cari luasan sisi balok yang akan dipasang bekisting yaitu bagian bawah dan dua sisi samping, luasnya yaitu (0,25m x 6m) + (0,6m x 6m) + (o,6m x 6m) = 8,7m2. kitagunakan triplek 1,22mx2,44m dengan luas 2,9768m2 per lembar. jadi triplek yang dibutuhkan yaitu 8,7m2 : 2,9768m2 = 2,9 lembar, untuk membuat balok memakai triplek 8mm.

Contoh 3 = Keperluan triplek pada bekisting kolom

Contohnya kita buat kolom ukuran 0,4mx0,4m setinggi 4m, ada empat sisi kolom yang akan dipasang bekisting triplek, jadi luasnya adalah 4bh x 0,4m x 4m = 6,4 m2. maka kebutuhan tripleknya sebanyak 6,4m2 : 2,9768m2 = 2,1 lembar triplek ukuran 1,22mx 2,44m dengan tebal 12 mm.

Untuk penggunakan bekisting struktur lainya atau dengan variasi bentuk yang lain bisa disesuaikan cara menghitung luasanya, dalam membeli triplek sebaiknya dilebihkan dari perhitungan sebagai cadangan kalau kurang karena adanya faktor salah potong, kehilangan atau yang lainya, harga triplek 8mm, dan 12 mm bervariasi sekitar sekian ratus ribuan, jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah bisa mmakai yang bekas atau triplek BS.

Semoga Bermanfaat ….

Iklan

Cara menghitung Ring balok

Ring Balk adalah struktur yang diletakkan di atas pasangan batu dan bata. Fungsi ring balok adalah sebagai tumpuan konstruksi atap dan sebagai pengikat pasangan dinding batu bata bagian atas agar tidak runtuh. Ring balok yang umumnya digunakan untuk bangunan rumah tinggal sederhana adalah ring balok dengan lebar 15 cm dan panjang 20 cm.

Balok Ring atau Ring Balk

A.Komponen-komponen Penyusun Balok Ring:

  1. Beton (dengan campuran 1pc:2ps:3pk atau yang lebih baik)
  2. Besi baja tulangan (syarat penulangan telah kita uraikan kan……akan lebih baik jika dilihat pada posting Klik disini
  3. Begisting balok ring atau cetakan beton
  4. Masing masing komponen tersebut diatas terbagi menjadi biaya bahan dan biaya tenaga atau biaya tukang.

B. Dasar-dasar Perhitungan Balok Ring

1.Pembaca sekalian, sesuai dengan aturan yang telah diperlakukan bahwa ukuran minimal balok ring adalah 20cmx15cm, tapi ternyata ada juga aturan yang menetapkan 12x20cm. Lha dianalisa harga satuan beton SNI menyebutkan dimensi 10×12 cm. Nah jika bingung pilih saja ukuran yang paling besar.
Catatan rumahdangriya:
Jika balok anda berukuran 15x20cm maka tiap meter kubik beton dapat dibuat balok ring dengan panjang ±33.33 meter. Hal ini didapat dari hitungan 1/(0.15×0.2) (1meter kubik beton dibagi dengan luas penampang beton balok ring).
Nah itu tadi jika balok kita ukurannya 15x20cm, jika ukuran balok kita adalah 20x30cm tiap 1 meter kubik beton dapat dibuat berapa meter balok ya………….?jawabanya adalah 1/(0.2×0.3)=16.667 meter
Perlu diperhatikan bahwa praktek dilapagan ketika pengerjaan balok biasanya diperlukan lebih banyak beton dibandingkan dengan volume hitungan, karena konsistensi ukuran cetakan balok tidak dapat tercapai artinya bahwa ukuran cetakan beton dilapangan lebih besar disebabkan banyak faktor, selain itu faktor efisiensi ketika poses pembuatan pengangkutan dan pengecoran tidak bisa 100%.

2.Balk ring disyaratkan mengunakan tulangan utama dengan Ø 10mm dan begel Ø 8mm.
Catatan rumahdangriya:
Berarti jika ingin membuat balok dengan panjang 1 meter maka diperlukan besi Ø 10mm dengan panjang total (1meter x 4 buah) 4 meter. Dan besi tulangan Ø 8mm untuk begel sebanyak (0.1*2+0.15*2+0.05*2)=0.6 meter, jika asumsi balok anda ukuran 15x20cm dan tebal selimut beton 2.5cm.
Yang perlu menjadi perhatian tambahan adalah bahwa yang namanya penulangan besi pasti membutuhkan sambungan, karena sambungan tulangan beton ini dengan cara sambungan lewatan maka otomatis jika di dalam perhitungan mesti kita tambahkan volume sambungan. Selain volume sambungan dalam penulangan juga diperlukan bengkokan terutama pada bagian pertemuan dengan komponen beton yang lainya.
Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada detail sambungan tahan gempa.

3.Begisting Beton atau Cetakan Beton
Umumnya cetakan atau begisting yang dibutuhkan beton hanya bagian samping kiri dan kanan saja. Bentuk begisting tulangan beton bermacam-macan sesuai dengan betntuk balok ring yang kita inginkan.
Jika kita asumsikan bahwa balok ring kita hanya membutuhkan cetakan disamping kiri dan kanan saja berarti tiap 1 meter panjang balok membutuhkan cetakan (0.2*1*2)=0.4 meter persegi cetakan beton (0.2 meter merupakan tinggi balok sedangkan untuk membutnya diperlukan2 buah). Berarti tiap 1 meter kubik beton membutuhkan cetakan bekisting sebesar (33.333*0.4)=13.333meter persegi cetakan beton. Dan berarti juga tiap 1meter persegi cetakan beton dapat digunakan untuk membuat (1/0.4)=2.5meter panjang cetakan balok ring.
Perlu diperhakan juga bahwa yang namanya begisting atau cetakan beton selama tidak rusak masih bisa digunakan artinya jika anda ingin membuat 25 meter panjang balok tidak mesti diperlukan cetakan begisting seluas 10 meter persegi. Disesuaikan dengan keadaan pengecoran dan pembagian waktu pekerjaan.

C. Analisa Harga Satuan Pekerjaan Balok Ring
Pada paragraph kali ini akan kita sajikan analisa perhitungan balok secara teknis, dimana sesuai dengan SNI 7394-2008.
Dan analisa harga tersebut sebagai berikut :

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Balok Ring

Gambar 46.1 Analisa Harga Satuan Ring Balk diambil dari SNI 7394-2008 Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Beton Halaman 14

Singkatan Istilah diambil dari SNI 7394-2008

Gambar 46.2 Singkatan Istilah diambil dari SNI 7394-2008 Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Beton Halaman 2

Dan cara perhitunganya adalah sebgai berikut :

Cara Menghitung Balok Ring atau Ring Balk

Keterangan Gambar 46.3 :
Baris uraian (a), Indeks (b), satuan (c) merupakan table dari SNI sedangkan (d) adalah harga satuan pekerjaan meliputi harga material dan upah tenaga. Harga material dan upah tenaga pada table ini (gambar 46.3) merupakan asumsi dari rumahdangriya. Anda harus mengantinya sesuai dengan harga yang ada disekitar anda. Harga material bisa didapat dari survei di kota anda masing – mansing.

DSCN2900Semoga Bermanfaat

Cara menghitung kusen alumunium

Untuk menghitungnya anda terlebih dahulu harus memperkirakan biaya pemasangan Kusen Aluminium dan Kaca harus diketahui dahulu ukurannya, warna & modelnya. Jadi silahkan simak caranya berikut ini :

Menghitung Harga Kusen Aluminium

Cara Menghitung Biaya Kusen Aluminium dan Kaca
Dari ilustrasi gambar diatas dapat kita ketahui Lebar dan Tingginya adalah301(L)X 260(T)

Maka perhitungannya adalah sebagai berikut ini ;

A. Rincian Perhitungan Kusen Aluminium
Kusen aluminium Tiang = 2.60 m x 4 btg = 10.4 ml (meter lari)
Kusen aluminium Ambang = 3.01 m x 2 btg = 6.02 ml (meter lari)
Kusen aluminium Ambang = 1.055 m x 2 btg = 2.1 ml (meter lari)
Total volume Kusen aluminium = 18.52 ml

B. Rincian Cara Perhitungan Kaca
Kaca dihitung dengan perkalian Tinggi dan Lebar, sbb :
Volume kaca = 3.01 m x 2.6 m2 = 7.083 m2 (meter persegi)

C . Pintu = 1 Set
Dari data tersebut baru melangkah ke perhitungan harga.
Sebelum kita menghitung harga, hendaknya kita harus memilih warna Kusen aluminium dan warna kaca.Sebab beda warna dan jenisnya..beda pula harganya.

DSCN2995Semoga bermanfaat….

Bertemu.? solo.?

14:30 WIB saya mulai bersiap-siap di kosan untuk berangkat ke solo dari semarang, ke solo.? ya saya pengen ketemu saja sama seseorang yang udah bikin aku galau belakangan ini, dia mutusin saya tapi dia sendiri yang ngehubungi saya terus, tapi saya juga masih sering ngehubungi dia sih, ya nama nya juga masih sayang ke dia dan saya juga tau dia masih sayang ke saya, ya poko nya hubungan kita sekarang itu rumit deh, ga jelas tapi emng jelas kita masih saling suka, kalian bingung kan.? sama saya juga.

ja gini loh, inti nya kita tuh sekarang pacaran nya sembunyi2 gitu dikarenakan ibu nya dia udh ga resfec sama saya, karna dulu ibu nya tuh minta saya sama dia tunangan dulu, tapi saya nya ga bisa, dan akhir nya ibu nya dia minta saya sama dia udahan aja, dan ibu nya pun bilang dia udh nemuin pasangan hidup buat anak nya, ya mau di kata apa lagi kalo sudah kaya gini, saya hanya bisa pasrah dan akhir nya kita putus, ya putus nya di depan ibu nya, di luar kita ya masih pacaran jalan bareng, makanya hari ini saya ke solo mau ketemu dia, kebetulan dia lagi ada seminar di solo.

15:30 WIB saya mulai melaju menggunakan motor yang sangat.??? enak aja lah soal nya ga ad lagi motor nya, di sepanjang perjalanan saya seperti biasanya saya bernyanyi sekeras mungkin sampe orang lagi makan mie ayam pun melongo setelah mendengar suara emas katarak saya, 1830 WIB saya sudah sampai di solo tepat nya di UNS Universitas Negeri Solo, soal nya saya jemput dia di UNS, saat bertemu kembali setelah sekian lama saya berpisah, terasa mimpi,aneh dan ga percaya kalo saya bisa bertemu kembali dengan nya. kita pun saling menatap dan satu ucapan yang memulai pembicaraan, “sehat anek.?” “iya a alhamdulillah sehat” kita pun banyak berbincang, dan tak lama kemudia kita berangkat untuk berkeliling kota solo di malam minggu yang sangat cerah, kita berkeliling solo sabil mencari alamat rumah sakit yang akan di pakai untuk acara seminar besok pagi, entah kenapa kita malah tersesat dan entah kemana kita, kita sudah beberapa kali menanyakan jalan dan akhir nya kita samapai juga di RS.Ortopedia surakarta solo, setelah menemukan RS nya kita pun berlanjut berkeliling kota solo dengan udara yang sangat dingin di malam hari itu, bnercanda ria dan membayar semua permasalahan antara kita dengan selalu tersenyum,tertawa dan selalu bahagia.

ke esokan harinya saya berjalan-jalan di kota solo dengan berjalan kaki dengan nya sambil menunggu wakut acara seminar di mulai dan jam 08:30 WIB saya  mengatar dia menuju tempat seminar di RS.Ortopedia, niat nya sih  nganter doank terus saya mau pulang ke semarang, eh saya malah ngikut ke dalem gedung, tapi untung nya saya dapet snack dan makan gratis hehehee saya pun menemani dia dalam acara seminar Farmasi gitu, entah lah mereka lagi bahas apa saya juga ga tau, saya cuma diam dan sesekali ajak dia becanda. jam 13:00 WIB acara pun selesai dan saya pun mengantarkan dia pulang ke tempat travel yang sudah dia pesan sebelum nya, sambil menunggu jam 15:30 WIBkita pun mulai melanjutkan liburan kita di solo, poko nya maknyos banget seru abis deh, kaya nya sih kebayar semua rasa kangen saya ke dia. waktu pun sudah menujukan jam 15:30 dan saya harus mengantar dia ke tempat travel, sesampai nya di sana saya langsung pamit pulang dan mungkin ini lah momen yang sangat sulit di lalui, air mata pun mulai tak terbendung tapi saya coba tuk tersenyum dan selalu tersenyum. jujur saja saya sebenera nya ga mau pulang dari solo, selalu ingin bareng dia terus, tapi apa boleh buat, saya harus terus berjalan sampai saya mulai nemenukan titik di mana saya harus berhenti. dan yang aku harap kan titik itu lah yang membuat ku kuat,utuh,bahagia, dan bisa menemani hidup ku di kemudian hari. dan untuk dia “maafin aa ya nenk, aa ga ada niatan untuk memberi harapan ke nenk, tapi aa memnag bener ingin bareng terus sama nenk, tapi nenk kan tau sendiri kondisi nya seperti apa sekarang, dan medah-mudahan nenk bisa mengerti ya, apa pun yang terjadi suatu saat nanti, aa titip kisa cinta kita nenk, jangan sampai di lupain”

Move On dulu dari Pati.?

snapshot_0036_20131206_152521_zps5b4be925Pati.? Bumi Minatani. kota dimana aku sekarang, kota dimana aku belajar tentang segala nya, kota dimana aku tau akan banyak nya budaya di Indonesia yang mungkin aku tidak tau sebelum nya, kota yang memberikan wawasan adat istiadat yang begitu kental yang menyebabkan aku bisa saling menghormati dan menghargai satu sama lain. dan kota yang penuh dengan cerita. 01-07-2015 waktu dimana aku harus pergi untuk menuju kota baru yang mungkin masih tanda tanya untuk diriku.? apakah akan sama atau mungkin berbeda.? apakan akan lebih baik atau mungkin tidak, tapi yang pasti aku harus menjalani nya, karena apa yang aku pilih, aku harus bisa bertanggung jawab atas apa yang ku pilih.
Terimakasih buat warga pati, dan terimakasih juga kepada teman-teman di pati sudah bisa menjadi teman yang sangat luar biasa, semogo kita bisa bertemu di lain waktu….

IMG_20150422_195010 Dan ini saya lagi di alun-alun pati jawa pake tengah.

 

 

 

 

C360_2015-04-01-21-29-21-439 Nah kalo yang ini aku lagi di Waduk Gunung Rowo Pati Jawa nya di Terngah.

 

 

 

 

NahIMG_20150329_170743 kalo yang ini saya lagi setres di kosan. 😀

 

Hai nama saya Mohamad Gugum Mardia Gumilar, saya lahir 13 agustus 1992, saya biasa di panggil A Ugum saya lahir dan di besarkan di kota yang berdekatan, saya anak 5 dari 6 bersaudara, saya hanya lulusan SMK, padahal ortu pengen banget kalo saya kuliah tapi saya nya emang bandel mungkin ya.? saya sekarang bekerja di salah satu perusahaan Konsultan pembangunan, mungkin kalian akan berfikir dua kali untuk mau berteman dengan saya, menurut saya pribadi saya sih orang nya simpel, jahat, egois, cuek, dan ngeselin, tapi kalian bisa kangen kalo ga ad saya. ga percaya.? makan nya kenal dulu donk…. saya bikin blog ini ya cuma sekedar mengisi waktu luang aja sekalian ingin bercerita aja yang saya alami, sama mah gini orang nya, saya juga ingin bagi bagi ilmu yang saya dapat waktu saya sekolah dan waktu saya kerja, jadi salam kenal ya…..

 

dan ini kalian bisa liat penampakan saya di bawah ini.!!!!

IMG_20140616_123930

 

Tetap Semangat Selalu Tersenyum 🙂

Facebook    : Gugum.mardia@yahoo.com

Instragram : https://instagram.com/a_ugum/

Mimpi Belum Tentu Kita Dapatkan.!

cukup memboring kan hari ini di tempat pekerja, nungguin tukang kerja ngenatin keramik di kamar mandi, dan mencari tetesan air di atas plafond, saya dan mas ali pun ( manager saya) dia bingun ini air aneh, mungkin kita kalo manggil dukun itu air ga bakal netes lagi, aneh nya tuh setiap kita liat, air itu ga netes, tapi setelah kita tinggalin, itu air sudah netes membasahi plafon dan tumpah di atas plafond, benar-benar aneh.

sore jam 4 seperti biasa saya pun pulang ke kosan saya yang tak jauh dari kerjaan saya, sesampainya di kosan saya mendapatkan SMS dari seseorang yang mungkin aku tunggu sms nya, kita pacaran tapi akhir bulan-bulan ini kita dihadapi masalah yang mungkin ga di sangka sebelum nya, tapi inti nya saya sama dia resmi putus pada hari ini tepat jam 17.27 WIB. C360_2015-01-07-09-08-18-828 ya sedih juga sih, hubungan say sama dia sudah cukup lama dan akhir nya seperti ini, ya tapi ini lah hidup, terkadang kita tidak bisa mengikuti apa yang kita ingin kan, “untuk dia yang dia sana, jujur saya pun tak ingin berakhir seperti ini, tapi mungkin kamu juga tau kenapa kita harus berhenti untuk melanjut kan ke ingin nan kita, semoga kamu bisa menerima keputusan ku ini, dan semoga kamu bisa berbahagia dengan seseorang yang sudah di pilihkan oleh ortu mu untuk mendampingin mu selamanya, aku hanya bisa mendo’akan yang terbaik buat kamu, amin”

 

 

mugnkin saya bisa ambil hikmah nya dari kejadian demi kejadian yang ku alami dan sekarang saya pun tau “Mimpi  yang kita ingin kan, belum tentu kita dapat kan, Tapi kita harus mempersiapkan lebih baik lagi dari  mimpi selanjut nya untuk yang terkhir kali nya”

 

Tetap Semangat & Selalu Tersenyum 🙂